Atasi Sakit Gigi Secara Alami

Atasi Sakit Gigi Secara Alami

Atasi Sakit Gigi Secara Alami – Kamu yang pernah sakit gigi, tentu tahu begitu menyiksanya keadaan ini sehingga membuat aktivitas terganggu.

Karena itu, beberapa orang yang segera ingin menanganinya dengan bermacam langkah.

Walau kerap kali perlu ke dokter gigi untuk menyembuhkan akar pemicu sakit gigi, tapi ada cara-cara yang dapat dilaksanakan untuk menurunkan berdenyut-denyutnya.

Atasi Sakit Gigi Secara Alami

Tidak perlu cepat-cepat minum obat penurun nyeri, kamu dapat coba cara untuk atasi sakit gigi secara alami di bawah ini untuk menurunkan sakit gigi yang paling mengusik. Baca, yok!

  • Berkumur sama air garam

Merilis Healthline, air garam ialah disinfektan natural serta bisa membantu longgarkan partikel makanan dan kotoran yang kemungkinan terlibat di antara gigi.

Baca Juga: Sambiloto Tanaman Obat Tradisional

Berdasar laporan riset yang diedarkan di jurnal PLOS One tahun 2016, larutan garam yang digunakan untuk berkumur diketemukan bisa kurangi peradangan dan mengobati cedera di mulut.

Untuk memakai sistem ini, kamu bisa menambahkan 1/2 sdt garam ke satu gelas air hangat, lalu pakai obat kumur. Kerjakan ini seringkali dalam satu hari.

  • Bawang putih

Manfaat bawang putih telah dikenali semenjak beberapa ribu tahun kemarin sebagai obat herbal untuk sakit gigi. Bawang putih bekerja menurunkan rasa nyeri dengan membunuh bakteri pemicu infeksi gigi.

Manfaatkan bawang putih sebagai langkah menyembuhkan sakit gigi tradisionil benar-benar gampang. Anda dapat kunyah bawang putih mentah sepanjang beberapa waktu disamping mulut yang giginya berdenyut-denyut.

Bila tidak senang dengan itu, irislah tipis bawang dan gigit potongan itu pada tempat gigi yang sakit. Anda bisa juga melembutkan bawang putih untuk dibalurkan di tempat gigi yang nyeri.

Tetapi, berhati-hati saat memakai bawang putih untuk obat sakit gigi. Menurut riset dari India, bawang putih mentah yang didiamkan dalam mulut kelamaan bisa menyebabkan cedera bakar pada selaput mulut.

Riset lain mendapati jika bawang putih mentah yang dipulas langsung di kulit sama bisa menyebabkan cedera bakar

  • Es batu

Referensi obat sakit gigi alami yang lain ialah kompres es batu. Temperatur dingin dari es batu bisa mengebaskan saraf penyebab nyeri hingga menurunkan rasa sakitnya sebentar.

Disamping itu, dinginnya es batu menggairahkan persempitan pembuluh darah di muka dan perlambat saluran darah ke arah posisi cidera. Ini bisa membantu kurangi peradangan, lebam, dan nyeri.

Triknya masukan beberapa bongkah es batu ke plastik selanjutnya lapisi kembali dengan waslap tipis. Anda bisa langsung menggigit es batu pada permukaan gigi yang sakit.

Misalkan gigi yang sakit berada di segi kanan muka, pijat punggung tangan kanan pas di tengah jempol dan jemari telunjuk gunakan es batu. Saraf di jari-jari Anda akan mengirim signal “dingin” yang kemungkinan menerpa signal merasa sakit dari gigi Anda.

  • Bilasan hidrogen peroksida

Bilasan hidrogen peroksida dapat membantu menurunkan nyeri dan peradangan. Mencuplik laporan dalam Journal of International Society of Preventive dan Community Dentistry tahun 2016, hidrogen peroksida sudah bisa dibuktikan mempunyai spektrum rutinitas antimikroba yang luas karena efisien menantang bakteri, jamur, virus, dan spora.

Kecuali membunuh bakteri, hidrogen peroksida dapat kurangi plak gigi dan mengobati gusi berdarah.

Untuk melakukan, campur 3 % hidrogen peroksida dalam jumlah air yang serupa, lalu pakai untuk berkumur. Yakinkan untuk menambahkan larutan secara detail dan janganlah sampai menelannya.

  • Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint kerap dipakai untuk hilangkan merasa sakit dan menentramkan gusi yang peka. Ada anekdotal yang menunjukkan jika kantong teh peppermint bisa kurangi merasa sakit. Tetapi, tidak ada manfaat periode panjang.

Kamu dapat memakai kantong teh peppermint dengan 2 langkah. Pertama, lekatkan kantong teh yang telah dingin pas di tempat gigi yang berdenyut. Ke-2 , masukan kantong teh ke freezer sepanjang beberapa waktu, lalu lekatkan ke gigi. Biarkan minimal sepanjang 20 menit.

  • Konsentrat vanila

Konsentrat vanila beralkohol yang bertindak selaku pengurang merasa sakit. Disamping itu, wewangiannya juga dipercaya bisa menentramkan dan membuat rileks, hingga dapat membantu menurunkan nyeri gigi.

Konsentrat vanila bisa menurunkan nyeri gigi untuk saat ini, tapi berjalan sepanjang beberapa waktu dan memerlukan program ulangi yang kerap.

Pemakaiannya dapat dengan 2 langkah. Pertama, berikan sedikit pada jemari dan gosok tempat gigi dan gusi yang berdenyut. Ke-2 , berikan sedikit konsentrat vanili ke kapas bersih dan lekatkan di tempat gigi yang terimbas. Ulang 2-3 kali dalam satu hari.

  • Daun jambu

Tidak boleh buang daun jambu bila Anda barusan membeli buahnya. Daun jambu merah mempunyai karakter antiradang, antimikroba, dan sekalian penurun nyeri (analgesik) yang bisa saja langkah menyembuhkan sakit gigi di dalam rumah.

Meringkas bermacam riset, daun ini disampaikan membantu menurunkan rasa nyeri pada gigi dan peradangan karena penyakit periodontitis. Dua riset berlainan dari Filipina dan Kamerun menunjukkan daun jambu merah baik untuk menyembuhkan sariawan.

Langkah memakainya, kunyah 1-2 helai daun jambu sampai airnya keluar. Selanjutnya berikan sari-sari daun dengan lidah Anda segera pada gigi yang sakit.

Tidak senang dengan rasa daun yang pahit? Alternative yang lain Anda dapat rebus empat sampai lima helai daun jambu selanjutnya saring di gelas. Biarkan dahulu sampai hangat suam kuku, tambah secubit garam. Pakai larutan daun jambu itu sebagai obat kumur.

  • Thyme

Pernah dengar tanaman thyme? Anda dapat manfaatkan tanaman ini sebagai obat sakit gigi herbal. Thyme di-claim memiliki kandungan antibakteri dan anti-oksidan yang lumayan tinggi hingga bisa membantu menyembuhkan sakit gigi.

Cukup teteskan minyak fundamental yang memiliki kandungan thyme pada kapas seperlunya, lalu berikan pada tempat gigi merasa sakit. Bukan hanya hanya itu, Anda bisa juga menambahkannya ke air dan menjadikan obat kumur.

  • Kunyit

Kunyit yang umum digunakan untuk menyedapkan masakan rupanya berguna juga sebagai obat gigi nyeri alami.

Senyawa curcumin dalam kunyit dijumpai efisien untuk menantang bakteri pemicu infeksi gusi dan menurunkan infeksinya. Untuk mempertahankan kesehatan mulut dan menyembuhkan gigi nyeri, Anda dapat memproses kunyit dengan 2 langkah.

Pertama, parut 1/2 batas kunyit dan letakan pada gigi yang memiliki masalah sepanjang beberapa waktu. Ke-2 , Anda dapat memproses kunyit jadi pasta gigi.

Triknya, campur parutan kunyit dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk sampai rata seluruh bahan itu sampai membuat cream kental. Pakai cream ini setiap Anda ingin menggosok gigi

  • Cengkeh

Sebuah riset dari Journal of Dentistry memberikan laporan senyawa eugenol dalam cengkeh bisa hilangkan merasa sakit secara alami. Cengkeh dijumpai bisa membantu menurunkan peradangan dan membunuh bakteri pemicu sakit gigi.

Langkah memakai cengkeh sebagai obat sakit gigi alami berbagai macam. Ada yang merekomendasikan menggigit tangkai cengkeh utuh pada tempat gigi yang sakit sepanjang sesaat.

Tetapi, berhati-hati dengan resiko iritasi, napas sesak, dan pendarahan bila memakai cengkeh. Disamping itu, cermati resiko iritasi pada mata karena tangan langsung sentuh mata sesudah menggenggam cengkeh. Jadi yakinkan bersihkan tangan selekasnya sesudah menggenggam cengkeh.

Disamping itu, biji atau minyak cengkeh yang tertelan dapat tingkatkan resiko sakit kerongkongan dan muntah. Karena itu, yakinkan minyak cengkeh tidak menetes ke lidah atau gusi yang peka.

Keteledoran ini bisa mengakibatkan kesan terbakar pada gusi atau kerusakan jaringan dan saraf di seputar gigi yang sakit. Minyak cengkeh seharusnya tidak pakai pada wanita hamil dan menyusui, beberapa anak, dan beberapa orang yang punyai kisah klinis tertentu.

Itu cara-cara alami untuk menyembuhkan sakit gigi untuk beberapa waktu, yang dapat kamu kerjakan di dalam rumah. Jalan keluar terbaik ialah masih kontrol ke dokter gigi untuk menanganinya sumber permasalahannya, hingga sakit gigi dapat betul-betul terselesaikan.