Cara Perkuat Imun Tubuh

Cara Perkuat Imun Tubuh

Cara Perkuat Imun Tubuh – Jika ketahanan badanmu kuat, pasti itu dapat menghindarikanmu dari banyak penyakit.

Oleh karena itu, memaksimalkan mekanisme ketahanan tubuh itu penting untuk menantang bermacam penyakit, terutamanya di periode wabah COVID-19 saat ini.

Cara Perkuat Imun Tubuh, Demi Mencegah Segala Penyakit dan Virus

Kerap kali dibutuhkan pengubahan pola hidup jadi lebih sehat untuk perkuat pertahanan alami badan dalam menantang patogen pemicu penyakit.

Pertanyaannya, bagaimanakah Cara Perkuat Imun Tubuh mekanisme imun tubuh secara alamiah? Tidak perlu konsumsi bermacam jenis suplemen atau multivitamin, baca penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Garam Harus Dihindari Saat Diet

  • Makan makanan yang memiliki kandungan nabati utuh

Makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan beberapa bijian yang kaya gizi dan anti-oksidan bisa membuat Anda lebih baik pada patogen yang beresiko.

Merilis Healthline, anti-oksidan bisa membantu kurangi peradangan dengan melawan senyawa yang tidak konstan, yang disebutkan radikal bebas, yang bisa mengakibatkan peradangan saat kandungannya tinggi pada tubuh. Peradangan akut terkait dengan bermacam keadaan kesehatan, terhitung penyakit jantung, Alzheimer, dan kanker tertentu.

Berdasar laporan riset yang diterbitkan dalam Gut Microbes tahun 2017, serat pada makanan nabati memberikan makan mikrobioma usus atau komune bakteri sehat yang berada di usus. Mikrobioma usus yang kuat bisa tingkatkan ketahanan tubuh dan membantu merintangi patogen masuk badan lewat aliran pencernaan.

  • Makan semakin banyak lemak sehat

Lemak sehat sama seperti yang diketemukan dalam minyak zaitun bisa tingkatkan tanggapan kebal pada patogen dengan kurangi peradangan. Walau peradangan tingkat rendah ialah tanggapan normal pada depresi atau cidera, namun peradangan akut bisa mendesak mekanisme ketahanan tubuh.

Mencuplik laporan riset yang diterbitkan dalam jurnal Immunologic Research tahun 2014, depresi akut bisa mendesak tanggapan kebal perlindungan dan jadi memperburuk tanggapan kebal patologis.

Minyak zaitun mempunyai karakter antiinflamasi yang tinggi, yang mana ini terkait dengan pengurangan resiko penyakit akut seperti penyakit jantung dan diabetes type 2.

Disamping itu berdasar riset yang termuat dalam jurnal BioFactors tahun 2017, dampak antiinflamasi minyak zaitun dapat membantu badan menantang virus serta bakteri pemicu penyakit beresiko.

  • Tidur yang memadai

Kualitas tidur dan kekebalan badan erat berkaitan. Kualitas tidur yang buruk akan membuat seorang lebih rawan terkena penyakit.

Berdasar sebuah riset dalam jurnal Physiological Ulasans tahun 2019, pengaktifan mekanisme ketahanan tubuh mengganti jadwal tidur, dan tidur pada gilirannya mempengaruhi ketahanan badan.

Merilis Healthline, orang dewasa benar-benar direferensikan untuk minimal tidur sepanjang 7 jam tiap malamnya, sementara remaja perlu 8-10 jam, dan beberapa anak dan bayi yang lebih kecil sepanjang 14 jam.

Jika kamu alami kesusahan tidur, coba untuk tak lagi menyaksikan monitor piranti elektronik seperti handphone, TV, atau tablet, karena sinar biru yang dikeluarkan bisa mengusik irama sirkadian atau transisi bangun-tidur alami badan.

  • Makan semakin banyak makanan peragian atau ambil suplemen probiotik

Makanan peragian yang kaya bakteri memberikan keuntungan, yakni probiotik, seperti yoghurt, kimchi, kefir, keju, roti, dan sebagainya.

Probiotik ialah mikroorganisme hidup berbentuk bakteri atau jamur yang ada di mekanisme pencernaan manusia. Probiotik membantu dalam membuat perlindungan dan memiara kesehatan mekanisme pencernaan, khususnya lambung dan usus, dari bermacam serangan penyakit.

Berdasar laporan riset yang termuat dalam jurnal Gut Microbes tahun 2012, disebut jika mikrobiota usus mempunyai dampak berarti pada mekanisme ketahanan tubuh inang dan bisa mempengaruhi penyakit terkait dengan autoimun, baik dalam atau di luar usus.

Disamping itu, sebuah study dalam jurnal Beneficial Microbes tahun 2017 memberikan laporan, di dalam 28 hari pada 152 orang yang terkena rhinovirus, antara mereka yang diberi probiotik Bifidobacterium animalis mempunyai tanggapan kebal yang lebih kuat dan tingkat virus yang lebih rendah dalam lendir hidung mereka, dibanding dengan barisan kontrol.

  • Awasi tambahan gula

Riset yang berkembang memperlihatkan jika tambahan gula dan karbohidrat olahan bisa berperan secara tidak seimbang pada berat badan yang berlebih dan kegemukan. Kegemukan dapat tingkatkan resiko Anda sakit.

Kurangi konsumsi gula bisa kurangi inflamasi dan membantu pengurangan berat tubuh, hingga kurangi resiko keadaan kesehatan akut seperti diabetes type dua dan penyakit jantung.

Ingat jika kegemukan, diabetes type dua, dan penyakit jantung semua bisa lemahkan mekanisme ketahanan tubuh Anda, batasi gula ialah sisi penting dari diet menambah ketahanan tubuh.

Anda harus usaha batasi konsumsi gula sampai kurang dari 5 % dari kalori harian Anda. Ini sama dengan seputar dua sendok makan (25 gr) gula untuk seorang yang diet 2.000 kalori.

  • Mampu mengurus depresi secara baik

Salah satunya kunci kesehatan dalam jaga ketahanan badan ialah mampu mengurus depresi dan kecemasan secara baik.

Seperti diterangkan di situs Healthline, depresi periode panjang atau depresi akut tingkatkan peradangan dan kesetidakimbangan dalam peranan sel ketahanan tubuh. Disamping itu, depresi khusus seperti depresi psikis yang berkelanjutan bisa mendesak tanggapan ketahanan tubuh pada beberapa anak.

Oleh karena itu, yok, urus depresi dengan lebih bagus. Jika depresi mulai menerpa, kamu dapat lakukan meditasi, olahraga, menceritakan sama orang yang kamu yakin, lakukan hoby, mandi air hangat dengan menambah minyak fundamental favorite, atau aktivitas rileksasi yang lain.

  • Lakukan olahraga intensif sedang

Olahraga intensif sedang atau moderat diartikan sebagai olahraga dengan usaha berkepanjangan, di mana kamu dapat capai 55-70 % renyut jantung optimal atau 40-60 % VO2 maksimal.

Walau olahraga intensif yang berkelanjutan bisa mendesak mekanisme ketahanan tubuh kamu, tapi olahraga intensif sedang justru dapat memberi dukungan.

Berdasar riset yang diterbitkan dalam jurnal Progress in Molecular Biology and Translational Science tahun 2015, disebutkan jika rutinitas fisik intensif ringan tingkatkan imun dan sudah dipakai untuk secara efisien tingkatkan tanggapan vaksin pada pasien yang beresiko.

Kenaikan kebal ini kemungkinan disebabkan karena pengurangan peradangan, perawatan massa thymus, pengubahan dalam komposisi sel kebal, peningkatkan imunosurveillance, dan ameliorasi depresi psikis.

Contoh olahraga intensif sedang ialah jalan cepat, naik sepeda, joging, berenang, dan hiking ringan. Kamu disarankan untuk melakukan sepanjang keseluruhan 150 menit /minggu.

  • Masih terhidrasi

Hidrasi tidak selamanya membuat perlindungan Anda dari virus dan kuman, tapi mencegah dehidrasi penting untuk kesehatan Anda keseluruhannya. Dehidrasi bisa mengakibatkan sakit di kepala dan menghalangi performa fisik Anda, konsentrasi, situasi hati, pencernaan, dan peranan jantung dan ginjal. Kompleksitas ini bisa tingkatkan liabilitas Anda pada penyakit.

Untuk mencegah dehidrasi, Anda harus minum cukup cairan tiap hari untuk bikin air seni Anda pucat. Air direferensikan karena bebas dari kalori, zat tambahan, dan gula.

Sementara teh dan juice melembabkan, yang terbaik ialah batasi konsumsi juice buah dan teh manis karena kandungan gula yang tinggi. Sebagai dasar umum, Anda harus minum saat Anda haus dan stop saat Anda tak lagi haus.

Anda kemungkinan memerlukan semakin banyak cairan bila Anda olahraga dengan intensif, bekerja di luar, atau hidup di cuaca yang panas. Orang dewasa mulai kehilangan kemauan untuk minum.

Karena badan mereka tidak memberikan signal rasa haus yang ideal. Sehingga mereka perlu minum dengan teratur meskipun mereka tidak berasa haus.

Untuk mencegah dehidrasi, kamu harus memenuhi keperluan cairan tiap hari, minimal 8 gelas. Air yang diminum direferensikan bebas kalori, bebas aditif, dan bebas gula.

Berdasarkan penjelasan dari Pusat Pengaturan dan Penjagaan Penyakit Amerika Serikat (CDC), air membantu badan:

  • Mempertahankan temperatur normal
  • Melumasi bantalan persendian
  • Melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan peka yang lain
  • Menyingkirkan sampah lewat buang urine, keringat, dan tinja

Demikian beberapa cara alami untuk tingkatkan ketahanan tubuh. Tidak susah, kan? Janganlah sampai ketahanan badanmu turun, ya!