Potensi Manfaat Tanaman Hias

Potensi Manfaat Tanaman Hias

Bunga maupun tanaman hias tidak hanya dapat jadi dekor atau pemanis kebun, tapi bisa juga memiliki berbagai potensi manfaat pada makan kita.

Sehingga apat dikonsumsi dan memberikan nutrisi badan. Meskipun begitu, harus dipahami jika tidak seluruhnya dapat aman untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan toksin.

Potensi Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui!

Tetapi, ada juga beberapa macam bunga yang bisa tawarkan semburan rasa dan warna unik untuk banyak sajian seperti salad, sauce, minuman, dan atau makanan pembuka.

Jenis Tanaman Hias Dengan Banyak Kegunaannya

Ada beberapa macam bunga yang mempunyai rasa yang unik dan diperlengkapi gizi yang bagus untuk badan. Ingin tahu apa tipe bunga yang bisa dimakan? Baca daftarnya di bawah ini, ya!

  1. Kembang sepatu

Bunga kembang sepatu ialah bunga yang berwarna-warni dan tumbuh di cuaca hangat. Bunganya bisa tumbuh berdiameter 15 cm (6 inch) dan diketemukan dalam bermacam warna terhitung merah, putih, kuning, dan bermacam corak merah jambu.

Bunga kembang sepatu bisa dikonsumsi mentah. Dari beberapa ratus spesies kembang sepatu, varietas yang bisa dikonsumsi dan terpopuler dikenali sebagai rosela atau Hibiscus sabdariffa.

Bukan hanya bisa dikonsumsi mentah bunganya, tapi dapat dipakai untuk teh, relishes, selai, atau salad. Banyak budaya minum teh kembang sepatu karena manfaat obatnya.

Mencuplik laporan dalam jurnal Fitoterapia tahun 2013, memperlihatkan jika konsumsi harian teh atau konsentrat yang dibuat kembang sepatu secara berarti bisa turunkan tekanan darah sistolik (SBP) dan tekanan darah diastolik (DBP).

  • Lavender

Lavender ialah bunga violet yang banyak dikagumi karena wewangiannya yang unik dan populer karena dampaknya yang menentramkan.

Berdasar laporan riset yang diterbitkan Evidence-Based Complementary and Alternatif Medicine tahun 2013, dilaporakan jika lavender membenahi tanda-tanda berkaitan seperti kegundahan, masalah tidur, dan keluh kesah somatik.

Disamping itu, dalam riset itu mengatakan jika lavender mempunyai dampak anxiolytic pada manusia yang menanggung derita kecemasan rendah, tapi dampak ini kemungkinan tidak semakin makin tambah meluas ke keadaan kecemasan yang kronis. Interograsi medis memperlihatkan dampak antidepresif pada lavender.

Lavender bisa dikonsumsi berbentuk fresh atau dikeringkan lebih dahulu. Disamping itu, rasa dari lavender tersebut pas dipadankan dengan bermacam bahan manis dan renyah, seperti jeruk, berry, rosemary, sage, thyme, dan cokelat.

  • Dandelion

Merilis Healthline, dandelion paling dikenali sebagai gulma taman yang bandel. Tetapi, mereka berperan double sebagai bunga yang paling bergizi.  Mencuplik laporan dalam Journal of the Society for Biomedical Diabetes Research tahun 2016, dandelion tawarkan profile elemen bioaktif yang memikat dengan kekuatan karakter antidiabetes.

Menariknya, bukan hanya sisi bunga dandelion saja yang dikonsumsi. Namun, tiap sisi tanaman ini dapat dicicipi terhitung akar, tangkai, dan daunnya.

Terdapat beberapa pilihan untuk konsumsi dandelion. Bunganya dapat dikonsumsi mentah, baik langsung dimakan sendiri atau dimasukkan pada dalam salad. Atau dapat diolah dengan membuat jadi bermacam makanan.

  • Honeysuckle

Honeysuckle dengan bahasa Indonesia disebutkan dengan istilah kamperfuli. Tipe tanaman ini tumbuh dengan menjalar, dan bisa dengan gampang diketemukan pada tiap negara sisi di Amerika Serikat, beberapa negara di Asia Utara, dan di Afrika. Nyaris 200 spesies honeysuckle yang ada, tapi yang umum ialah varietas Jepang. Bunga yang wangi dan umumnya memiliki warna kuning muda atau putih, simpan nektar yang dapat langsung dimakan dari bunganya.

Mencuplik laporan yang diterbitkan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies tahun 2013, bunga honeysuckle kerap dipakai dalam penyembuhan tradisionil Tiongkok untuk menyembuhkan demam, ruam kulit, dan sakit kerongkongan.

Di dunia kulineran, honeysuckle tersering dipakai untuk bikin teh atau sirop yang wangi dan beraroma. Berbentuk sirop, kamu dapat memakainya sebagai pemanis teh, limun, yoghurt, sorbet, atau alternatif gula dalam resep roti.

Berdasarkan penjelasan dari Canadian Biodiversity Information Facility, walau bunga honeysuckle dan nektarnya benar-benar aman untuk dikonsumsi, tapi penting diingat jika beberapa varietas berry-nya kemungkinan beracun bila tertelan dengan jumlah banyak.

  • Nasturtium

Nasturtium jadi favorite di dunia kulineran karena bunganya yang warna ceria dan punyai rasa renyah yang unik. Sisi bunga daun daun tanaman ini bisa dikonsumsi dan dicicipi pada kondisi diolah atau mentah. Profile rasanya agak pedas, dengan bunganya lebih halus dibanding daunnya.

Merilis Healthline, nasturtium bukan hanya bahan serbaguna dan menarik, tapi juga bergizi. Nasturtium memiliki kandungan bermacam mineral dan senyawa yang tingkatkan kesehatan dengan dampak anti-oksidan dan antiinflamasi.

  • Bunga krokot

Merilis Healthline, krokot ialah tanaman sukulen yang hasilkan bunga kecil warna kuning dan daun tebal berdaging. Ke-2 nya bisa dikonsumsi dan dicicipi pada kondisi masak atau mentah. Dahulu, krokot dipandang tidak kurang bernilai daripada rumput. Tetapi, akhir-akhir ini tanaman kecil ini makin terkenal karena kandungan nutrisinya yang kaya.

Tanaman ini sebagai sumber yang kaya kalium, magnesium, dan berpotensi yang dipakai untuk sumber nabati asam lemak omega-3. Bunga dan daun krokot bisa dihidangkan mentah dalam salad dan sandwich. Mereka bisa juga ditumis atau dikukus dengan sayur lain sebagai lauk.

  • Bunga kamomil

Kamomil atau chamomile ialah bunga yang bisa dikonsumsi, bahkan juga sudah diproses jadi obat herbal semenjak dulu. Walau tersering dibikin teh, bunganya bisa juga jadi sirop atau menambahkannya ke olahan panggangan, smoothies, atau makanan penutup.

Berdasar laporan riset dalam jurnal Complementary Therapies in Medicine tahun 2017, disebut jika kamomil sebagai salah satunya tanaman obat yang dipakai sebagai obat penenang. Dalam riset itu disebut jika pemakaian konsentrat kamomil bisa tingkatkan kualitas tidur lanjut usia secara berarti.

  • Bunga Melati

Bunga yang umum dipakai dalam pernikahan tradisionil ini kaya kandungan zat yang sehatkan badan, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alcohol benzilic dan jasmon.

Manfaat yang dapat kamu peroleh dari konsumsi bunga melati tidak cuma dari segi kecantikan seperti kurangi jerawat, tetapi bisa juga kurangi peradangan pada usus, ginjal, turunkan cholesterol, menyamakan gula darah, sebagai detoksifikasi dan turunkan berat tubuh. Bunga melati dimakan dengan diseduh seperti teh

  • Bunga Kecombrang

Dengan memiliki manfaat Bunga yang dikenal juga bernama honje, kincung, kantan atau sambuang ini kaya zat berguna seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosa, steroid, polifenol, antimikroba, vitamin, mineral dan kaya anti-oksidan.

Dalam bunga kecombrang berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit, memperlancar ASI, bersihkan darah, hilangkan berbau tidak lezat, Memperkuat tulang dan gigi, tingkatkan peranan otak, mencegah dehidrasi, dan menyembuhkan cedera. Di Indonesia, bunga kecombrang kerap jadi pendamping pada masakan seperti laksa medan dan gulai.

  • Bunga Turi

Di Indonesia, persisnya di sejumlah wilayah di Pulau Jawa, bunga turi biasa jadi masakan, seperti lahapan, dan pendamping pecel. Bunga turi memiliki kandungan gizi komplet yakni karbohidrat, protein, lemak, beberapa macam mineral (kalium, fosfor, zat besi, dan kalsium), dan vitamin (vitamin B1, B2, B6, C, dan beta karoten).

Faedahnya untuk kesehatan badan diantaranya; menyembuhkan sariawan (air rebusan bunga turi untuk kumu-kumur), menyembuhkan rabun senja, menangani disentri, memperlancar ASI, menangani demam, sakit di kepala, pilek dan batuk.

  • Mawar

Semua varietas mawar bisa dikonsumsi, tapi yang mempunyai harum paling manis condong mempunyai rasa terenak. Konsumsilah kelopaknya saja, karena daun dan batangnya bukan cemilan yang nikmat.

Kelopak mawar mempunyai rasa yang paling wewangiantik dan sedikit manis. Kamu dapat mengkonsumsinya mentah atau digabungkan ke bermacam buah atau salad.

Disamping itu, bunga mawar tawarkan manfaat kesehatan. Berdasar laporan riset dalam Avicenna Journal of Phytomedicine tahun 2017, senyawa tertentu dalam mawar bisa berperanan dalam kurangi kecemasan dan tingkatkan rileksasi.

Itu bermacam tipe bunga yang dapat dikonsumsi dan berpotensi manfaat kesehatan. Bukan hanya bisa dikonsumsi mentah, bunga-bunga itu dapat diolah dengan sayur, digabungkan ke makanan tertentu, ditaburkan ke makanan penutup, dan lain-lain. Nach, berminat untuk cobanya dan menunjukkan manfaat kesehatannya?

Untuk berbagai jenis informasi lainnya seputar manfaat dari tanaman herbal lainnya bisa langsung kunjungi situs https://tanamanhiasdanobat.com